Kumpulan Barbagai Administrasi Guru Terbaru

Pedoman Penyusunan Kurikulum KTSP SMA Tahun Pelajaran 2018/2019

Dalam penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan atau biasa kita kenal dengan sebutan KTSP maka kita perlu teliti agar supaya nantinya tidak ada kesalahan dalam pembuatannya selain itu yang tak kalah penting kita harus melihat pedoman yang sudah diberikan oleh pemerintah dalam setiap penyusunan kurikulum. Isi dari pedoman penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan sekolah menengah atas diantaranya sebagai berikut ini.

Satuan Pendidikan adalah garda terdepan penyelenggaraan sistem pendidikan. Agar semua program pembelajaran di sekolah dapat berjalan dengan baik, maka harus didukung oleh perencanaan yang baik. Salah satu dokumen yang harus disiapkan di dalam sistem perencanaan di sekolah adalah dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum memiliki posisi strategis karena secara umum kurikulum merupakan deskripsi visi, misi dan tujuan pendidikan suatu bangsa, di dalamnya terkandung sentral muatanmuatan nilai yang akan ditransformasikan kepada peserta didik.  

Arah dan tujuan kurikulum mengalami pergeseran dan perubahan seiring dengan dinamika perubahan sosial yang disebabkan oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Karena sifatnya yang dinamis dalam menyikapi perubahan, maka kurikulum pendidikan harus fleksibel dan futuristik. KTSP merupakan blue - print proses pembelajaran yang dirancang oleh Satuan Pendidikan. Ketimpangan yang terjadi pada rancangan dokumen KTSP karena kurangnya respon terhadap perubahan sosial akan menimbulkan konsekuensi lahirnya output pendidikan yang ‘gagap’ dalam beradaptasi dengan kondisi sosial dimaksud. Di sinilah peran penting rancangan dokumen KTSP dalam mewujudkan keunggulan mutu lulusan yang yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab, kemasyarakatan dan kebangsaan, sebagaimana tujuan Pendidikan Nasional.

Untuk lebih lengkapnya tentang file Pedoman Penyusunan Kurikulum KTSP SMA Tahun Pelajaran 2018/2019 kawan - kawan guru maupun sekolah - sekolah menengah atas bisa mendownloadnya disebuah file yang sudah kami sediakan dibawah ini.


Demikian Yang bisa kami berikan kepada kawan - kawan guru serta sekolah - sekolah menengah atas diseluruh Indonesia dalam Pedoman Penyusunan Kurikulum KTSP SMA Tahun Pelajaran 2018/2019 dan semoga apa yang sudah kami berikan dapat berguna serta bermanfaat.