Kumpulan Barbagai Administrasi Guru Terbaru

Juknis Pengenalan Lingkungan Sekolah Kepada Peserta Didik Baru Dengan Format Word

Juknis Pengenalan Lingkungan Sekolah Kepada Peserta Didik Baru Dengan Format Word


Ini adalah situs Homesdku.com yang selalu memberikan berbagai info dan file – file penting dunia pendidikan semua derajat, baik sekolah formal maupun non formal, oleh karena itu blog ini selalu memberikan file – file yang terbaik buat bapak/ibu guru agar dapat memudahkan kerja bapak/ibu guru sekalian dalam mendidik peserta didik di sekolah masing – masing.

Pedoman Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru di tahun ajaran 2017/2018 ini telah mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 18 tahun 2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru. Pergantian tahun pelajaran sudah dimulai, para siswa sudah mulai melakukan pendaftaran untuk menlanjutkan belajar ke jenjang sekolah yang lebih tinggi. Tentunya ketika masa awal masuk sekolah para siswa akan menghadapi masa-masa orientasi / adaptasi atau pada tahun 2017 ini lebih dikenal dengan istilah pengenalan lingkungan sekolah. kegiatan lingkungan sekolah ini bertujuan untuk mengenalkan program-program sekolah serta sarana dan prasarana yang terdapat di sekolah sehingga para siswa dapat memanfaatkannya dengan baik, selain itu para siswa juga dapat mengenal atau mengetahui teman-teman baru mereka di sekolah yang baru. 

Pada zaman dahulu, sebelum terbit Permendikbud nomor 18 tahun 2016, masa pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru lebih dikenal dengan nama Masa Orientasi Siswa (MOS). MOS sendiri dirubah namanya oleh menteri pendidikan dan kebuayaan di era bapak Anies Baswedan karena memiliki arti kenangan yang kurang baik di mata masyarakat. Dahulu MOS itu identik dengan perpeloncoan, penganiayaan terhadap siswa baru, ajang untuk mengerjai adik-adik kelas yang baru, ajang unjuk gigi para siswa yang lebih senior dan lain sebagainya. Namun, pada Masa pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru ini semua hal-hal atau kegiatan tersebut sudah ditiadakan dan dilarang untuk dilaksanakan di lingkungan sekolah dan diterapkan kepada siswa yang baru masuk. 

Perubahan model Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru ini dilaksanakan untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, bahwa dalam pelaksanaaan pengenalan lingkungan sekolah bagi siwa baru perlu dilakukan kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan karena dirasa kegiatan Masa Orientasi Siswa Baru di Sekolah yang dahulu pernah dijalan kan dan sesuai Permendikbud nomor 55 tahun 2014 pelaksanaannya belum dapat secara optimal mencegah terjadinya perpoloncoan dalam pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah.

Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan memberikan sebuah file yang terbaru dan penting buat bapak/ibu guru dan operator sekolah, langsung saja silahkan bapak/ibu guru dan operator sekolah mendownload file dibawah ini. Hanya file ini yang dapat saya berikan kepada bapak/ibu guru semuanya dan semoga adanya file ini bapak/ibu guru dapat mengerjakan adminitrasi guru dengan mudah dan cepat. Jika ada kendala dalam mengunduh file maka silahkan tinggalkan pesan agar saya bisa membantu cara mendownload yang benar.